Beranda Berita Selayang Pandang Gudep SMP Negeri 2 Bukateja

Selayang Pandang Gudep SMP Negeri 2 Bukateja

Espendaka Bukateja Menuju Gudep Mantap Ramah Lingkungan dan Pramuka Garuda

A. Pendahuluan

Rencana Kerja Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2019-2023 menetapkan 7 misi yang harus dicapai, salah satunya adalah memantabkan kualitas gugus depan dan Satuan Karya Pramuka sebagai ujung tombak pembinaan kepramukaan. Oleh karenanya, menjadi suatu keharusan Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang se-Jawa Tengah membuat program strategis terkait dengan mewujudkan gugus depan menjadi wadah yang diharapkan. Strategi yang diterapkan adakah membentuk Gugus depan mantap yang berpangkalan di Sekolah Dasar/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang tersebar secara proporsional di Jawa Tengah.

Gugus Depan Mantap merupakan postur gugus depan pramuka yang mempunyai keunggulan dan kekuatan di bidang keunggulan manajemen dan administrasi, Sumber daya manusia (SDM), Keuangan dan sarana prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan dan kehumasan. Dengan begitu, dari Gugus Depan mantap tersebut akan terwujudanggota pramuka yang berkualitas, percaya diri, dan diyakini mempunyai karakter, kebangsaan, kecakapan, daya saing dan kepedulian yang baik.

Gugus Depan Mantap merupakan satuan pendidikan kepramukaan bagi peserta didik yang menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan tata aturan Gugus Depan dan mengedepankan layanan kepada anggotanya. Kriteria Gugus Depan mantap ditandai dengan(1) kuatnya manajemen dan administrasi dalam pengelolaan gudep; (2) tersedianya sumberdaya manusia baik pembina dan peserta didik yang cukup; (3) adanya dukungan keuangan, sarana Prasarana yang memadahi; (4) aktifnya gugus depan melaksanakan kegiatan kepramukaan;(5) proses pencapaian syarat kecakapan umum, khusus dan pramuka garuda; (6) prestasi kepramukaan yang di capai; (7) dukungan kemitraan; serta (8) kehumasan.

Tahun 2020 ini akan menjadi tonggak awal bagi Gugus Depan 10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja atau yang biasa dikenal dengan Espendaka Bukateja Kabupaten Purbalingga untuk memulai menjadi Gugus Depan Mantap dan mampu melahirkan Pramuka Garuda, Keyakinan Espendaka Bukateja Kabupaten Purbalingga dalam rangka menjadi gugus depan  mantap didasarkan pada telah terpenuhinya kriteria tentang gugus depan mantap.

Dari segi manajemen dan administrasi Espendaka Bukateja telah memiliki legalitas  nomor gugus depan ,  dan tahun 2020 ini akan melaksanakan musyawarh gugus depan. Setiap tahun juga telah membuat program kerja gugus depan, kelengkapan administrasi gugus depan seperti buku induk, buku tamu, logbook, buku inventaris, buku agenda, buku ekspedisi, buku keuangan , program latihan minggu  telah tersedia dan berjalan dengan baik,  serta pengadministrasian peserta didik sudah terlaksana .

Aspek sumber daya manusia baik kepala sekolah selaku majelis pembimbing gugus depan maupun guru selaku pembina gugus depan secara legal formal dibuatkan surat keputusan , mendapatkan kartu tanda anggota pramuka dan mayoritas pembina telah mengikuti kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar. Secara bertahap dan terprogram setiap tahun diiukutkan untuk bisa mengikuti kursus lanjutan. Dari aspek keuangan, sarana dan prasarana selain dari dana BOS, untuk tahun 2021 akan melibatkan komite sekolah, mengaktifkan iuran anggota dengan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntable. Espendaka Bukateja telah memilik sanggar pramuka , ruang penyimpanan peralatan pramuka, lapangan outdoor dan indoor sehingga kegiatan pramuka tetap berjalan dalam segala situasi, dalam sanggar pramuka terdapat perpustakaan, kantin kejujuran dan dapur untuk memasak.

Dari aspek kegiatan Espendaka Bukateja selalu menyelenggarakan latihan rutin  setiap hari jumat, dan pendalaman materi setiap hari senin bagi dewan penggalang. Memiliki program tahunan, program semester dan program Latihan mingguan, serta kegiatan partisipasi yang mengacu pada kwartir ranting dan kwartir cabang. Setiap kegiatan  membuat proposal, surat pemberitahuan, rencana anggaran, jadwal kegiatan, dokumentasi kegiatan serta pelaporan kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Espendaka Bukateja tahun 2021 untuk aspek proses pencapaian SKU , SKK dan SPG akan berkomitmen untuk berproses dalam pengujian SKU, pencapaian SKU, proses pengujian SKK, pencapaian SKK, proses pelantikan digugus depan, program pembiasaan diri di gugus depan dan target pencapaian pramuka garuda. Membuat rencana terprogram untuk dapat mencapai prestasi di tingkat kwartir ranting, cabang, dan daerah dengan membuat tim pembina pramuka yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya dan latihan secara bertahap dan kontinyu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Musyawarah gugus depan Espendaka Bukateja 2021 menjadi momentum utama untuk melibatkan orang tua dalam kegiatan gugus depan, melibatkan peran serta komite sekolah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan gugus depan . Espendaka Bukateja selalu bekerjasama dengan kwartir ranting setempat sebagai pusat kegiatan kepramukaan di tingkat kwartir ranting dalam event dianpinrung, dianpiru, latihan gabungan dan pesta siaga . Bekerjasama dengan TNI AU JB Soedirman dan Koramil dalam rangka pembinaan karakter dan Dinas lingkungan hidup kabupaten purbalingga untuk pelatihan pembuatan kompos, hidroponik dan ecobrick.

Aspek kehumasan Espendaka Bukateja sudah memiliki media sosial facebook dan telegram untuk berbagi informasi tentang kegiatan kepramukaan dan target tahun ini bisa membuat website dan menginformasikan berbagai kegiatan melalui media massa. Dan Espendaka Bukateja sedang dalam proses menuju gugus depan ramah lingkungan. Gugus depan ramah lingkungan menjadi ujung tombak bagi pelaksanaan gerakan pramuka cinta lingkungan, karena memuat arahan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku bagi para peserta didik dan pembina/pamong dalam memperbaiki, menjaga, mengelola lingkungan hidup untuk keberlangsungan generasi sekarang dan mendatang. Empat komponen dan indikator komponen diarahkan untuk memandu gugus depan melaksanakan dan mengukur keberhasilan dalam mendorong 6 (enam) perilaku peduli lingkungan, yaitu: 1) Perilaku peduli memilah, mengolah dan mengelola sampah dengan sistem 3R 2) Perilaku peduli hemat dan konservasi air. 3) Perilaku peduli konsumsi energi yang ramah lingkungan.4) Perilaku peduli mengurangi emisi karbon.5) Perilaku peduli hidup sehat. 6) Perilaku peduli konservasi keanekaragaman hayati.

B. Sumber Daya Manusia

Majelis Pembimbing Gugus depan di Gudep 10.503 – 10.504  dipilih pada Musyawarah Gugus depan yang akan kita laksanakan tahun 2021  di SMP Negeri 2 Bukateja .  Susunan Mabigus akan disahkan dan dilantik oleh Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Bukateja. Espendaka Bukateja akan mengajukan permohonan untuk untuk dibuatkan SK Kepengurusan Mabigus sekaligus untuk dilantik pada saat acara musyawarah gugus depan . Pengurus Mabigus Gudep 10,503 – 10.504  telah mengikuti kursus kerpramukaan, yaitu KMD (Kursus Mahir Dasar), KML dan KPD.

Dalam melaksanakan tugasnya Mabi memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil dan konsultasi kepada gudep. Dalam memberikan bimbingan Mabigus memberikan arahan, saran, nasehat, dan dukungan moral, dalam memberi bantuan Mabigus membuka jalan, mengusahakan kesempatan, fasilitas, dana serta memberi peluang agar Gerakan Pramuka mendapat akses untuk memperoleh bantuan baik dari pemerintah maupun swasta. Mabigus juga memberikan kesempatan kepada para pembina untuk berkonsultasi tentang berbagai masalah kepramukaan di sekolah.

Kegiatan mabigus guna mencapai Visi dan MIsi Gerakan Pramuka Gudep 10.503 – 10.504  dengan melaksanakan Rapat Pengurus Mabigus setiap akan melaksanakan kegiatan dan dalam menyusun program kerja Mabigus bersama dengan komite sekolah dan perwakilan wali murid. Mabigus juga melaksanakan monitoring kegiatan peserta didik baik dalam latihan rutin maupun dalam pelaksanaan perlombaan.

Ketua Gudep Putra dan Ketua Gudep Putri akan dipilih melalui musyawarah gugus depan yang akan dilaksanakan tahun 2021, melalui mekanisme sesuai prosedur. Pembina Gugus depan 10.503 – 10.504 juga akan dipilih saat Musyawarah Gugus depan, dan telah  mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjut (KML), dan KPD dan apabila ada Pembina pramuka yang belum mengikuti kursus kepramukaan akan diprogramkan setiap tahun untuk dapat ikut berpartisipasi mengikuti kursus kepramukaan yang diselenggarakan oleh kwartir

Pembina Gugus depan bersama-sama dengan Mabigus menyusun program kerja, dan bersama dengan pembina satuan membina adik-adik. Pembina Gugus depan juga melaksanakan administrasi Gugus depan Dan bersama dengan pembina satuan membina adik-adik dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Sistem Among, mendayagunakan kegiatan peserta didik menjadi media pendidikan. dalam kegiatan kepramukaan dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan peserta didik, ialah terciptanya kegiatan yang bersifat kekinian, menarik, dan menantang.

Seperti halnya Mabigus dan Pembina Gugus depan, Pembina satuan juga dipilih pada saat musyawarah Gugus depan. Pembina satuan di Gudep 10.503 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja  telah memilihi SHB (Surat Hak Bina) dan mengikuti Kursus dan pelatihan kepramukaan.

Dalam membina, pembina memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam kepramukaan dan  sebagai mitra peserta didik sangat peduli terhadap kebutuhan mereka, serta dengan penuh kesabaran, memotivasi, membimbing, membantu dan  memfasilitasi kegiatan sehingga kegiatan peserta didik dapat berjalan dengan lancar, sukses dan terjaga keselamatannya dengan Rencana Membina (RM) yang bertujuan terwujudnya peserta didik yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, yang setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik berguna. Selain membina Pembina Satuan juga melaksanakan kegiatan administrasi, mulai dengan buku induk, arsip surat, pembuatan proposal kegiatan, dan menyusun program kerja, dll. Melaksanakan program ujian SKU dan SKK peserta didik sesuai dengan program kerja, melaksanakan pelantikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan SKU nya.  Selain kegiatan pembinaan pembina juga mengikuti kegiatan anggota dewasa, diantaranya kursus orientasi , karang pamitran, scouting skill dan lain lain.

C. Administrasi dan Manajemen

Tahun 2021 menjadi momentum pertama diselenggarakannya musyawarah gugus depan (mugus)  di Pangkalan SMP Negeri 2 Bukateja. Kegiatan mugus ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari realisasi program Rencana Tindak Lanjut (RTL) peserta dari gudep 10.503 – 10.504 yang telah mengikuti Kursus Pengelolaan Gugus Depan  Kwarda Jateng di Kwartir Cabang Purbalingga Tahun 2020 . Agenda utama pelantikan mabigus  sekaligus penyerahan SK kepengurusan  mabigus oleh kwartir ranting kecamatan Bukateja. Mugus ini akan  dihadiri oleh tim telatih KPGD / utusan kwartir cabang , bapak / ibu guru selaku anggota dewasa gerakan pramuka, staf karyawan, pembina pramuka, dewan penggalang, komite sekolah, pimpinan regu  dan perwakilan orang tua murid dari kelas 7 , kelas 8 dan  kelas 9.. Dalam kegiatan mugus  ada beberapa agenda kegiatan diantaranya sebagai berikut  : 1)  Menetapkan rencana kerja gudep termasuk  visi dan misi, 2) Memilih Ketua Gudep dan Perangkat Organisasi Gudep , 3) Pelantikan Ketua Gudep dan Perangkat Organisasi Gudep

Gugus depan 10.503 – 10.504   di Pangkalan SMP Negeri 2 Bukateja Purbalingga mempunyai program kerja, sebagai berikut : 1) Program  kerja  masa bakti 2 tahun, 2) Program kerja tahunan, 3) Program kerja semester, 4) Program mingguan

Gugus depan 10.503 – 10.504  melaksanakan tatalaksana persuratan di Gugus depan, yakni dengan memiliki : 1) Buku agenda surat masuk, 2) Buku agenda surat keluar, 3) Surat ke orang tua, 4) Buku ekspedisi.

Administrasi yang dilakukan terhadap peserta didik di Gugus depan 10.503 – 10.504 , terdiri dari : 1) Buku registrasi peserta didik, 2) Buku catatan peserta didik, 3) Buku daftar hadir latihan, 4) Buku induk anggota, 5) Logbook, 6) Dokumentasi riwayat peserta didik, 7) Buku pelantikan, 8) Buku acara kegiatan 9) Program latihan, 10) Buku catatan pribadi pembina.

D. Keuangan, Sarana dan Prasarana  

Gugus depan 10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja memiliki Sumber Daya Keuangan untuk mendukung program kegiatan di Gugus Depan antara lain : a) Dukungan dari sekolah dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, RAPBS yang dikelola oleh gugus depan., b) Iuran Anggota yang dikumpulkan setiap kali pertemuan melalui bendahara regu yang kemudian disampaikan kepada bendahara gudep., c) Kerjasama Sponsorship dengan swasta, dukungan dari swasta pada saat kegiatan sangat mendukung suksesnya kegiatan.

Gugus depan 10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja  melaksanakan adminitrasi keuangan dengan baik dan transparan, administrasi yang dimiliki berupa : a) Buku Kas, b) Buku rekening tabungan, c) Pembukuan laporan keuangan secara teratur, dan d) Melakukan pertanggungjawaban keuangan (SPJ).

Gugus depan 10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja  memiliki sanggar pramuka yang terletak di dalam lingkungan sekolah, adapun t sarana yang tersedia dalam sanggar pramuka adalah sebagai berikut  : a) Papan nama gudep, b) Struktur organisasi Gudep, c) Papan Program Kerja Gudep, d) Bendera gudep, e) Bendera pathaka dewan penggalang, f Stempel gudep g) Tenda Regu, h) Tenda Dapur, i) Tenda Tamu, j) Tenda Dome, k) Alat kebersihan, l)  Alat dan Kotak  P3K, m)  Alat dapur dan kotak penyimpanan, n)  Almari, o) Rak barang, p) Perpustakaan dan buku-buku kepramukaan,, q) Rak dapur, r) Meja Kerja dan Kursi,s) Papan informasi, t) Komputer, u) Printer, v) LCD proyektor, w) Megaphone, x) Alat biopori, y) Komposter, z) Galon air, aa) Kompor dan Tabung gas, ab) Panci besar, sedang dan kecil, ac) Tempat nasi, piring , mangkok dan gelas

Gugus depan 10.503  – 10.504  memiliki sarana latihan rutin dan kegiatan khusus sebagai berikut : Bendera merah putih, Bendera latihan, Bendera wosm, Bendera regu, Bendera semaphore, bendera morse, Standart Bendera, Peluit, Tongkat, Tongkat morse, Tali, Pramuka, Kompas Bidik, Banner Materi Semaphore, morse, menaksir, peta pita, Sarana latihan ketangkasan dan alat outdoor,bambu untuk pioneering, pasak besi dan bambu.

Gugus depan 10-503 – 10. 504 Espendaka Bukateja  memiliki Prasarana yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan Pramuka Gugus depan, antara lain : a) Tempat Upacara, Untuk pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan latihan rutin maupun kegiatan yang berkaitan dengan pramuka dilaksanakan di lapangan Utama , b)  Tempat Latihan, Untuk melaksanakan kegiatan pramuka gugus depan  10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja menggunakan ruangan indoor berkapsitas 800 siswa, c) Tempat Pemenuhan SKU dan SKK, dalam melaksanakan Uji SKU dan SKK Espendaka Bukateja  menyediakan tempat di Mushola, Taman Sekolah, Sanggar, Indoor, laboratorium komputer, laboratorium IPA Lapangan Utama, dan ruang perpustakaan . serta  tidak menutup kemungkinan latihan dilaksanakan di ruang kelas yang ada., d) Perpustakaan Sanggar, guna menambah pengetahuan Kepramukaan, gugus depan Espendaka Bukateja menyediakan Perpustakaan khusus yang menyediakan buku-buku Pramuka yang bertempat di sanggar pramuka, e) Dapur Pramuka, dalam sanggar pramuka tersedia peralatan untuk memasak , sehingga sangat memungkinkan peserta didik atau dewan penggalang bisa latihan memasakan dan makan bersama untuk melatih hidup hemat cermat dan bersahaja, f) Kedai kejujuran , dalam sanggar pramuka terdapat kedai pramuka yang menyediakan secara sederhana berbagai kebutuhan peserta didik seperti hasduk, ring, tali pramuka tongkat dan bendera semaphore, tanda tanda pramuka, buku SKU, SKK, TKU dan TKK . Peserta didik atau dewan penggalang mengambil sendiri dan membayar pada tempat uang yang tersedia untuk melatih kejujuran , g) Tempat Berkemah, gugus depan espendaka bukateja  memiliki tempat untuk berkemah  di beberapa tempat yaitu lapangan utama, dan indoor, parker sepeda yang cukup representative, h) Gudang Pramuka,  untuk menyediakan Sarana Latihan Rutin, Gugus depan espendaka bukateja  menyediakan sarana / peralatan pramuka yang disimpan di gudang pramuka untuk  mempermudah kegiatan peminjaman maupun intventarisasi sarana pramuka.

E. Kegiatan

Gugusdepan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  melaksanakan kegiatan kepramukaan  yang terdiri dari : a) Latihan rutin yang dilaksanakan setiap hari jumat , mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. b) Latihan pendalaman materi dewan penggalang yang dilaksanakan setiap hari senin, mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, c) Latihan Gabungan,  adalah pertemuan Pramuka Penggalang dari dua atau lebih gugusdepan yang berada dalam datu kwartir ranting atau kwartir cabang mapun kwartir daerah dengan tujuan untuk saling tukar menukar pengalaman. Latihan gabungan ini dapat dilaksanakan dalam bentuk lomba, seperti baris-berbaris, PPPK, senam pramuka dan sejenisnya. Latihan bersama dengan gugusdepan lain dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dengan pembina Gugus depan lain. d) Penjelajahan adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak, membuat peta, mencatat berbagai situasi dan dibagi dalam pos-pos. Setiap pos berisi kegiatan keterampilan kepramukaan seperti morse/semaphore, sandi, tali temali dan sejenisnya. e) Perkemahan  adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang dilaksanakan secara reguler, untuk mengevaluasi hasil latihan di Gugus depan. Perkemahan diselenggarakan dalam bentuk Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Perjusami (Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu), perkemahan liburan dan sejenisnya. Pada gugus depan 10.503 – 10.504  dilaksanakan setiap akhir semester. f) Gladian Pinru  adalah pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh Gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinru apabila dipandang perlu. g) Evaluasi pramuka akhir tahun yang dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian peserta didik dalam memahami materi selama satu tahun, h) Lomba Tingkat   adalah pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan. Lomba tingkat dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Gugus depan (LT-I), i)  Pentas Seni adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Penggalang. Pada Gudep 10.503 – 10. 504  dilaksanakan pada saat perkemahan. j) Peringatan Hari Besar adalah kegiatan Pramuka Penggalang dalam rangka memperingati hari besar nasional dan hari besar agama. k) Bakti sosial , sebagai penerapan dasa darma untuk melatih emapaty dan kepedulian terhadap sesama dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan partisipasi Gugus depan 10.503 – 10.504  Espendaka Bukateja antara lain : Latihan Gabungan dengan Gugus depan lain , membantu kegiatan Pesta siaga kwarran bukateja , Gladian Pinru, Scout Competition SMK Citra Bina Mandiri Purwokerto, Gelegar Scout Competition IAIN Purwokerto, Jambore Ranting Kwarran Bukateja, Kemah Budaya Kabupaten Purbalingga.

Perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan di Gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  dengan tahapan sebagai berikut : 1) Perencanaan , dalam perencanaan dimulai dengan rapat koordinasi antara pembina satuan, pembina gudep dengan mabigus, dengan bahasan rencana pelaksanaan kegiatan, kemudian dilaksanakan penyusunan panitia dari rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Panitia kemudian membuatan Proposal sesuai dengan hasil rapat koordinasi, untuk selanjunya melaksanakan kegiatan. 2) Pelaksanaan, kegiatan dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dilaksanakan oleh Panitia dan didukung oleh seluruh pembina gugus depan guna sukses dan lancarnya kegiatan, sesuai apa yang telah disepakati dalam persiapan. 3) Laporan Pertanggungjawaban, setelah selesai kegiatan panitia menyusun laporan pertanggung jawaban, dari kegiatan yang telah dilaksanakan, disertai dengan penyampaian hasil dari pelaksanaan kegiatan. 4) Evaluasi kegiatan, dalam penyampaian Laporan Pertanggungjawaban, dilaksanakan evaluasi dan koreksi dari pelaksanaan kegiatan yang sudah dilaksanakan, hal ini bertujuan untuk acuan dalam pelaksanaan kegiatan dimasa datang akan lebih baik dari yang sudah pernah dilaksanakan.

F. Proses Pencapaian SKU, SKK, dan SPG

Proses Pengujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) di gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja a) Proses Pengujian SKU dilaksanakan secara perorangan, b) Mata uji SKU ditentukan oleh peserta didik yang diuji, c) Waktu uji berdasarkan kesepakatan oleh peserta didik yang diuji dengan pembina, dilaksanakan pada saat latihan rutin dan hari Sabtu pada jam pengembangan diri. d) Pengujian oleh Pembina Gudep, Pembina Satuan, dan Pembina yang mempunyai kemampuan pada bidang yang diujikan.

Target Pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Golongan Penggalang Ramu  Tahun 2021 adalah sebanyak 32 Peserta didik, Target Pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Golongan Penggalang Rakit  Tahun 2021 adalah sebanyak 32 Peserta didik , Target Pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Golongan Penggalang Terap Tahun 2021 adalah sebanyak 32 Peserta didik, Target Pencapaian Pramuka Garuda Merah   Tahun 2021 adalah sebanyak 32 Peserta didik,

Pencapaian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) di gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja a) Proses pengujian SKK dilaksanakan secara perorangan, b) Mata Uji SKK ditentukan oleh peserta didik yang diuji, c) Waktu uji berdasarkan kesepakatan peserta didik yang diuji dengan pembina., d) Pengujian dilakukan oleh pembina dan orang yang ahli dibidangnya. Target Pencapaian TKK tingkat Purwa Madya Utama sebanyak 32 Peserta didik dengan 10 Jenis TKK Wajib Penggalang.

Latihan rutin yang dilakukan di Gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  dalam 6 bulan terakhir, melalui tahapan sebagai berikut : Upacara pembukaan , Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Upacara Penutupan Latihan , Volume latihan rutin dalam 6 bulan terakhir sebanyak 22 kali latihan.

Program Pembiasaan diri di Gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  berupa : a) Pelaksana Korve setiap latihan, pada saat latihan dilaksanakan Korve bergantian antar regu dan barung dalam mejalankan tugas upacara pembukaan dan penutupan latihan. b) Peserta didik hadir sebelum upacara pembukaan latihan dilaksanakan. c) Setiap anggota regu maupun barung membayar iuran regu melalui bendahara regu, dan bendahara regu membukukannya. d) Setiap berjumpa dengan anggota, maupun pembina yang pertama tahu memberikan Salam Pramuka. e) Program sholat Ashar berjamaah setiap hari Jum’at saat latihan rutin, f) Penanganan peserta didik yang tidak masuk tanpa keterangan dengan memberikan tugas untuk mencatat atau merangkum materi saat peserta tersebut tidak berangkat. g) Pengumpulan sampah kering plastik setiap hari jumat saat latihan pramuka rutin untuk dibuat ecobrick (bata ramah lingkungan)

Target tahun 2021 Pelantikan Pramuka di Gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  dilaksanakan dalam upacara khusus dalam rangka pelantikan, dan dihadiri oleh orang tua / wali anak didik. Pelantikan juga dihadiri oleh Dewan Kehormatan Gugus depan, dan pelantikan dilakukan oleh Pembina yang bersangkutan, pada pelantikan didokumentasikan sebagai kenangan bagi peserta didik dan gudep.

G. Prestasi

Prestasi yang diraih oleh Gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja dalam 2 tahun terakhir  Tingkat Ranting adalah Tergiat Harapan 1 Kreasi Makanan dan Tata Hidang Jamran Bukateja 2019, Tergiat II LCTP Kepramukaan Jamran Bukateja 2019, Tergiat II PBB Tongkat Jamran Bukateja 2019, Tergiat II Pentas Budaya Jamran Bukateja 2019. Tingkat Kwartir Cabang  Juara 1 Lomba Lukis Tong Sampah  Kemah Budaya 2019 .  Tingkat Karesidenan Juara I Lomba Cerdas Tangkas Pramuka Gelanggang Galang Raya IAIN Purwokerto 2019, Juara II Pioneering Bentuk Gelanggang Galang Raya IAIN Purwokerto 2019

H. Kemitraan

Bentuk kemitraan yang dapat dilaksanakan diantaranya adalah sebagai berikut ;  1)  Keterlibatan orang tua dalam musyawarah gugus depan, target musyawarah gugus depan 10.503 – 10.504  Pangkalan SMP Negeri 2 Bukateja Tahun 2021 akan melibatkan komite sekolah dan orang tua / wali murid, Kegiatan Musyawarh Gugus Depan (Mugus) setiap kelas akan diwakili oleh 2 orang tua / wali murid, untuk hadir sebagai peserta mugus  ditambah dengan  komite sekolah. Dari sejumlah 24 rombel sebanyak 48 orang tua  / wali murid dan komite sekolah sejumlah 6 orang  yang akan menjadi  peserta mugus. 2) Perlibatan orang tua dalam kegiatan gugus depan, pada tahun 2021 gugus depan 10,503 – 10.504 Espendaka Bukateja mengawali langkah baru agar   orang tua / wali murid dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembinaan peserta didik, dan menjadi salah satu pembina satuan. Selain salah satu orang tua menjadi pembina dalam setiap kegiatan orang tua juga terlibat, baik sebelum saat kegiatan maupun sesudah kegiatan. Sebelum kegiatan mabigus berserta pembina gudep, pembina satuan dan orang tua mengadakan koordinasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan, sekaligus pembahasan proposal kegiatan berkaitan dengan anggaran, pada saat kegiatan orang tua berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan khusus untuk para orang tua, dan setelah kegiatan orang tua akan menyampaikan hasil evaluasi kegiatan kepada pembina untuk dilaksanakan evaluasi bersama dengan mabigus, pembina gudep, pembina satuan juga dewan penggalang. 3) Melaksanakan kerjasama dengan gugus depan lain, kerjasama dengan gugus depan lain di gudep 10.503 – 10.504 dilakukan dengan gudep sekitar guna melaksanakan Latihan Gabungan SD / MI dan SMP / M Ts , Dianpinrung, Dianpinru yang dikelola oleh kwartir ranting kecamatan Bukateja. Dan memberikan kesempatan kepada Pangkalan SMA Negeri 1 Bukateja dan SMK Negeri 1 Bukateja untuk mensukseskan program Turun Pangkalan dalam latihan rutin untuk beberapa kali pertemuan. 4) Kerjasama dengan lembaga, instansi, institusi dan perorangan, gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  juga melaksanakan kerjasama dengan lembaga, instansi, institusi dan perorangan guna mendukung dan kelancaran kegiatan yang akan dilaksanakan gugus depan.

Gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  dalam melaksanakan kegiatan melakukan kerjasama dengan : a) Gugus depan lainnya, b) Intitusi atau Lembaga TNI AU JB Soedirman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga, Kwarcab Purbalingga / Pusdiklatcab Purbalingga, Polsek Bukateja , Koramil 05 Bukateja , Puskemas Bukateja , Kwaran Bukateja, BKK Bukateja. c) Mulai tahun 2021 akan melibatkan komite sekolah  dan paguyuban orang tua / wali murid dan alumni pangkalan SMP Negeri 2 Bukateja, d) Kemitraan dengan pengusaha dilakukan dengan : Dana Bordir, Konveksi Kaos dan Sablon Scudetto, Fotocopy Eka Bukateja dan Fotocopy Galih Klampok, Klik Grafika Advertising , Ayunda Tour and Travel yang peduli terhadap kepramukaan di SMP Negeri 2 Bukateja, dan memberikan dukungan / sponsorship.

Adapun hasil kemitraan yang dapat dirasakan adalah  mendapatkan bantuan berupa komposter (alat pembuat pupuk) dan  alat biopori dari Dinas Lingkungan Hidup, dan mendapatkan pelatihan ecobrick , pelatihan hidrophonik dan pengolahan limbah plastik menjadi barang bermanfaat. Kerjasama dengan BKK Bukateja tiap peserta didik mendapatkan buku tabungan pelajar, dan setiap hari jumat ada program pembiasaan Jum’at Menabung yang dikelola oleh BKK Bukateja. Kegiatan yang dihasilkan dari kerjasama antara gugus depan 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja dengan mitra antara lain : a)  Pelatihan PBB tongkat dan non tongkat serta PBB Variasi yang disampaikan oleh Koramil Bukateja, b) Pelatihan mengatur lalu lintas disampaikan oleh Polsek Bukateja, c) Sosialisasi Pemantauan Jentik – jentik (gema pramantik) dan Kantin Sehat oleh Puskemas Bukateja, d) Sebagai tempat kegiatan kwartir ranting untuk melaksanakan program pesta siaga, latihan gabungan, dianpinru, dianpinrung, temu Pembina dan lomba kwartir , e) Sebagai tempat pudiklatcab Purbalingga menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar, f) Peningkatan Pendidikan karakter siswa oleh TNI AU JB Soedirman dan Koramil Bukateja

Keterlibatan Mitra dalam Pelatihan Rutin mingguan atau kegiatan khusus a) Mitra yang aktif sebagai Narasumber yaitu dari Koramil Bukateja , b) Mitra yang aktif mendukung sebagai panitia yaitu dari DKR dan Penegak SMA Negeri 1 Bukateja dan SMK Negeri 1 Bukateja, c) Mitra yang aktif memantau yaitu dari Polsek Bukateja , yang memantau saat pelaksanaan perkemahan. d) Mitra yang biasa hadir saat kegiatan adalah dari senior yang sekarang sudah naik di tingkat SMA maupun SMK. e) Mitra yang aktif memberikan bantuan yang bersifat sarana prasarana yaitu Fotocopy Eka, Konveksi Kaos dan Sablon Scudetto, Klik Grafika Advertising dan BKK Bukateja.

Dampak kemitraan terhadap penguatan kemampuan peserta didik yaitu  : a) Peserta didik semakin giat berlatih, karena tertarik dengan materi yang disampaikan oleh nara sumber mitra, b) Kemampuan pembina juga semakin meningkat, karena tambahan materi dan wawasan yang didapat dari mitra, c) Peningkatan kegiatan kepramukaan di Gugus depan, meningkatkan perhatian dan dukungan Mabigus kepada kegiatan Pramuka di gudep, d) Dengan meningkatnya pengetahuan, wawasan dan tingkah laku peserta didik, orang tua semakin percaya dengan kegiatan kepramukaan di gugus depan. Dan dukungan orang tua kepada peserta didik dan gudep juga meningkat

 

I. Kehumasan

Gerakan pramuka mulai dari gugus depan sampai dengan kwartir nasional menyelenggarakan kegiatan kehumasan, baik ke dalam maupun ke luar gerakanpramuka. Kegiatan kehumasan dilaksanakan untuk memperoleh pengertian, dukungan, bantuan dan umpan balik dari anggota, masyarakat dan pemerintah serta menjadikannya juga sebagai alat pendidikan kepramukaan. Humas gerakan pramuka adalah suatu upaya/kegiatan/proses yang terencana, sistematis, terarah, terus-menerus dan cermat untuk menciptakan, membina dan mengembangkan saling pengertian antara gerakan pramuka dan masyarakat, baik ke dalam maupun ke luar

Tujuan humas gerakan pramuka adalah menjadikan masyarakat menerima, peduli, dan mendukung gerakan pramuka. Sasaran kegiatan humas gerakan pramuka adalah : 1) Meningkatkan citra baik gerakan pramuka khususnya pada kaum muda maupun masyarakat umum. 2) Mapan dan terpeliharanya hubungan baik melalui komunikasi timbal balik antara gerakan pramuka dan masyarakat. 3) Meningkatnya dukungan masyarakat terhadap gerakan pramuka baik moral maupun material dan finansial. 4) Terpeliharanya hubungan di dalam (internal) dan kerjasama yang dilandasi rasa saling percaya guna menegakkan jati diri pramuka, yaitu menjalin hubungan yang harmonis dan kondusif antar komponen gerakan pramuka.

Fungsi humas gerakan pramuka adalah untuk : 1) Menjalin hubungan yang kondusif dan produktif dengan masyarakat dan melakukan komunikasi timbal balik yang terbuka, saling percaya dan terus-menerus. 2) Sumber informasi manajemen gerakan pramuka guna kepentingan pembuatan putusan manajemen gerakan pramuka, dengan melakukan pengumpulan, analisa data dan informasi tentang sikap dan tanggapan masyarakat yang akurat dan terukur. 3) Peran humas gerakan pramuka adalah sebagai alat motivasi untuk membina dan mengembangkan sikap positif masyarakat, baik kedalam maupun keluar gerakan pramuka.

Pengelolaan  kehumasan  ditingkat  gugus depan   dilaksanakan  oleh   bidang humas yang memiliki minat dan pengetahuan tentang humas. Pengelolaan humas harus dilakukan dengan koordinasi bersama bidang-bidang lain. Pengelolaan humas gerakan pramuka mencakup aspek. Penelitian, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, pelaporan dan evaluasi. Pelaku humas gerakan pramuka adalah setiap anggota gerakan pramuka yang memiliki minat dan pengetahuan dalam bidang humas dengan melibatkan pelatih, pembina dan anggota dewasa. Pendidikan humas perlu diselenggarakan untuk mengingkatkan kwalitas pelaksanaan humas gerakan pramuka.

Selama ini gugus depan 10.503 – 10.504 hanya memanfaatkan media sosial facebook sekolah untuk menginformasikan berbagai kegiatan kepramukaan, belum banyak mengirimkan artikel kegiatan kepramukaan ke media massa. Tapi target Tahun 2021 Espendaka Bukateja akan memulai memanfaatkan teknologi informasi semaksimal mungkin antara lain : a) Pemanfaatan website satupramuka.org untuk pengisian data secara online termasuk untuk pembuatan KTA pramuka bekerjasama dengan kwartir setempat, b) Pembuatan blog atau website Espendaka Bukateja sebagai media informasi dan pusat kegiatan kepramukaan gudep 10.503 – 10-504 dan sebagai media silaturahmi untuk para alumni yang masih peduli terhadap pramuka almamater, c) Membuat Instagram, Twitter, Facebook Espendaka Bukateja khusus untuk mengelola kegiatan pramuka gudep 10.503 – 10.504 SMP Negeri 2 Bukateja, c) Mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pembina dan peserta  untuk mengasah dan melatih ketrampilan menulis dan bekerjasama dengan Jawa Pos, Tabloid Aspirasi , Tabloid Simpul Pramuka atau majalah digital online lainnya  sehingga kegiatan kepramukaan bisa terdokumentasi dengan baik dan bisa terekspose keluar melalui media massa ataupun sosial media,  d) Membuat bulletin kegiatan pramuka gudep 10.503 – 10504 sebagai media informasi bagi warga sekolah untuk bisa memantau perkembangan gerakan pramuka di sekolah.

J. Karakteristik atau Kekhasan Gudep

Karakteristik atau kekhasan gudep 10,503 – 10.504 Espendaka Bukateja diantaranya adalah sebagai berikut : 1) Memiliki tempat-tempat yang representatif untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan peserta yang cukup banyak, karena memiliki lapangan utama, aula indoor dan memiliki tempat ibadah yang cukup besar. 2) Memiliki sanggar yang mempunyai kedai kejujuran meskipun masih sedikit tetapi sudah mampu memberikan pendidikan karakter tentang kejujuran, serta memiliki dapur untuk memasak dan bisa mencukupi untuk kapasitas 50 peserta didik, 3) Dipercaya oleh kwartir ranting Bukateja dan kwartir cabang Purbalingga sebagai tempat kegiatan kepramukaan tingkat ranting seperti Pesta Siaga, Dianpinru, Dianpinrung, Latihan Gabungan, KMD , Temu Bina dan menjadi sanggar pramuka kwartir arnting Bukateja sementara. 4) dan gudep 10.503 – 10.504 sedang berproses untuk menjadi gugs depan ramah lingkungan.

Gugus depan Ramah Lingkungan menjadi ujung tombak bagi pelaksanaan Gerakan Pramuka cinta lingkungan, karena memuat arahan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku bagi para peserta didik dan pembina/pamong dalam memperbaiki, menjaga, mengelola lingkungan hidup untuk keberlangsungan generasi sekarang dan mendatang. Empat komponen dan indikator komponen diarahkan untuk memandu gugus depan melaksanakan dan mengukur keberhasilan dalam mendorong 6 (enam) perilaku peduli lingkungan, yaitu: 1) Perilaku peduli memilah, mengolah dan mengelola sampah dengan sistem 3R. 2) Perilaku peduli hemat dan konservasi air. 3) Perilaku peduli konsumsi energi yang ramah lingkungan. 4) Perilaku peduli mengurangi emisi karbon. 5) Perilaku peduli hidup sehat. 6)  Perilaku peduli konservasi keanekaragaman hayati.

Kegiatan gugus depan dalam rangka berproses untuk menuju gudep ramah lingkungan yang sudah dilaksanakan antara lain ; a) Pemilahan sampah plastik organic dan anorganik,  b) Pengumpulan sampah plastik kering untuk dibuat ecobrick, c) Belajar membuat pupuk dengan alat komposter, d) Belajar menanam sayuran dengan polybag di lahan lingkungan sekitar sekolah, e) Membuat alat untuk menghasilkan pupuk organic cair.

K. Penutup

Gugus Depan Mantap merupakan satuan pendidikan kepramukaan bagi peserta didik yang menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan tata aturan Gugus Depan dan mengedepankan layanan kepada anggotanya. Kriteria Gugus Depan mantap ditandai dengan(1) kuatnya manajemen dan administrasi dalam pengelolaan gudep; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja telah memiliki administrasi yang lengkap dan tahun 2021 akan diselenggarakan musyawarah gugus depan sebagai proses untuk menuju gudep mantap (2) tersedianya sumberdaya manusia baik pembina dan peserta didik yang cukup; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja akan terus berupaya meningkatkankan kapasitas kemampuan dan ketrampilan bagi pembina maupun peserta didik melalui pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh kwartir setempat  (3) adanya dukungan keuangan, sarana Prasarana yang memadahi; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja akan meminta dukungan dari orang tua / wali murid dan  komite sekolah untuk bisa membantu pembiayaan dalam kegiatan kepramukaan, serta  mengaktifkan iuran pramuka . Berupaya untuk bisa mempunyai sumber pemasukan keuangan secara mandiri dengan berwira usaha yang protensial (4) aktifnya gugus depan melaksanakan kegiatan kepramukaan; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  akan terus berproses menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dan bersinergi dengan kwartir ranting dan kwartir cabang dalam rangka peningkatan kegiatan kepramukaan yang berkualitas. (5) proses pencapaian syarat kecakapan umum, khusus dan pramuka garuda; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja akan berproses di tahun 2021 memilik target akan menghasilkan 32 peserta didik untuk mencapai pramuka garuda (6) prestasi kepramukaan yang di capai; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  akan berusaha selalu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan bagi Pembina dan peserta didik sehingga akan meningkatkan prestasi kepramukaan di tingkat yang lebih tinggi  (7) dukungan kemitraan; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja  akan tetap menjaga komunikasi dan selalu konsolidasi agar kemitraan yang selama ini sudah terbangun akan semakin ditingkatkan lagi dan dimaksimalkan lagi peran dan fungsinya. serta (8) kehumasan ; gudep 10.503 – 10.504 Espendaka Bukateja akan meningkatkan lagi layanan kehumasan dengan membuat website, sosial media, pelatihan jurnalistik, pembuatan buletin. Dan pendataan potensi secara online sehingga kegiatan dapat terdokumentasi dan terespose dengan baik.

Terus maju espendaka, terus maju espendaka, espendaka tunjukkan baktimu, dasa darma yang slalu di dada, tri satya yang slalu setia, espendaka bukateja tetap jaya.

 

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments